Senin, 20 April 2020

Pemaknaan Sumpah Pemuda dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sumpah Pemuda merupakan pencerminan tekad dan ikrar para pemuda dan pelajar waktu itu. mereka telah bersatu tanpa memandang perbedaan daerah agama, dan suku bangsa. Mereka bersatu untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Pada saat itu, semangat persatuan begitu menonjol. Mereka bertekat lebih baik mati terhormat dari pada terjajah, tidak ada jalan lain dalam usaha merebut kemerdekaan, kecuali menjalin persatuan dan kesatuan. Semangat dan tekat para pemuda begitu kuat. Mereka bersatu dengan mengucapkan ikrar setiap pada negara. ikrar itu dikenal dengan nama ‘Sumpah Pemuda’.
 merupakan pencerminan tekad dan ikrar para pemuda dan pelajar waktu itu Pemaknaan Sumpah Pemuda dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Pada saat Kongres Pemuda II, lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudofl Supratman untuk kali pertama diperdengarkan. Pada saat itu juga, bendera Merah Putih ditetapkan sebagai bendera kebangsaan Indonesia. Dengan Sumpah Pemuda, perjuangan rakyat Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, namun sudah menjadi kesatuan yang kuat, semua kekuatan bersatu untuk melawan para penjajah. Sehingga dalam waktu singkat, bangsa Indonesia berhasil mengusir penjajah. Penjajah pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia bisa memproklamasikan kemerdekaan.